Ikan Asin Medan Utara, Kuliner Khas yang Tembus Pasar Tradisional Sumut dan Aceh

Ikan asap atau sering disebut ikan saleh yang rasanya gurih dan lezat ini yang merupakan ciri khas makanan asal Tapanuli Selatan ini dihargai perkilo.

Editor: ayu prasandi
HO
Ikan Asin diolah menjadi ikan asin asap 

TRIBUN-MEDAN.COM, BELAWAN-Membangkitkan dunia usaha kecil menengah ditengah pandemi, warga Hamparan Perak memproduksi ikan air asin diolah menjadi ikan asap di Pesisir Belawan, Medan Utara, Rabu (19/1/2022).

Faisal, selaku produsen ikan asap ini mengatakan, dunia usaha kecil menengah ini berhasil menembus pasar tradisional di Sumut dan Aceh di tengah Pandemi.

Baca juga: Muhammad Ziad Ananta, Ketua GEMA MKGR Sumut, Jajaki Dunia Politik Sejak Muda,

"Ikan yang kami kelola jenis ikan air asin jenis ikan dukang atau duri dijadikan ikan saleh atau ikan asap telah raup untung puluhan juta rupiah dan tembus pasar tradisional di Sumatera Utara hingga Aceh",ujar Faisal.

Warga yang membuka lapangan kerja di Kawasan Jalan Sei Baharu, Dusun II Desa Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang memanfaatkan ikan air asin yang dianggap limbah menjadi  menambah hasil mata pencaharian warga yang pada umumnya sebagai nelayan pencari ikan.

Ikan asap atau sering disebut ikan saleh yang rasanya gurih dan lezat ini yang merupakan ciri khas makanan asal Tapanuli Selatan ini dihargai perkilonya Rp 40 ribu.

Dan tembus pasar tradisional di Sumatera Utara dan Aceh.

Menurut Faisal, dengan adanya pembuatan mengolah ikan hasil laut jenis ikan dukang atau duri yang disaleh di daerah kawasan Pesisir Belawan ini nantinya dapat membuka lapangan pekerjaan dapat menekan angka pengangguran.

 "Memanfaatkan ikan air asin yang dianggap limbah menjadi menambah hasil mata pencaharian warga yang pada umumnya sebagai nelayan pencari ikan",kata Faisal.

Baca juga: Ondim, Wakil Bupati Langkat, Pengganti Terbit Perangin-angin yang Ditangkap KPK

Awalnya, ikan dukang atau duri air asin ini tidak terlu bernilai. Namun, setelah diolah menjadi ikan saleh atau ikan yang diasapin akhirya menghasilkan pundi pundi rupiah yang dapat menambah penghasilan bagi nelayan tradisional.

Uniknya, ikan saleh atau ikan asap ini dapat bertahan selama tiga bulan lebih. Juga dapat diolah menjadi beraneka ragam macam rasa.

Ikan air asin jenis ikan dukang atau duri ini, merupakan bahan dasar ikan saleh atau ikan yang proses pembuatannya mengunakan kayu bakar dan diasapi selama delapan jam.

(Jun/tribun-medan.com)

 

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
311 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved