KN Sanjaya, Kapal SAR Tanggap Bencana, Mampu Berjalan dengan Kecepatan Maksimal 30 Knot

Komandan Pos Badan Sar Nasional Tanjungbalai Asahan, Ady Pandawa mengatakan kapal ini cukup diandalkan dalam mengevakuasi dan menjalankan tugas Sar. 

Editor: ayu prasandi
HO
Kapal KN Sanjaya 248 tiba di pos Sar Tanjungbalai Asahan  

TRIBUN-MEDAN.com,TANJUNGBALAI- Kapal Negara Sanjaya 248 milik Sar Nasional Tanjungbalai Asahan adalah Kapal SAR canggih kreasi anak bangsa yang dapat membantu kegiatan Sar di wilayah pantai timur Indonesia. 

Kapal dengan nomor lambung 248 ini tiba di Tanjungbalai pada Selasa(7/9/2021) lalu. Kapal yang mampu menjangkau hingga radius 30 meter pencarian. 

Banyak masyarakat yang mengharapkan KN Sanjaya 248 dapat membantu petugas dalam melakukan berbagai operasi SAR yang sering terjadi di Asahan dan Tanjungbalai. 

Seperti baru-baru ini, kapal ini diikut sertakan dalam pencarian orang hanyut di pelabuhan Panton, Teluknibung, Kota Tanjungbalai. 

Kapal ini berhasil menemukan jasat korban tenggelam yang diketahui warga Labuhanbatu Selatan itu. 

Baca juga: Darmin, Penasehat Investasi yang Miliki Prinsip Jujur Serta Pantang Menyerah

Komandan Pos Badan Sar Nasional Tanjungbalai Asahan, Ady Pandawa mengatakan kapal ini cukup diandalkan dalam mengevakuasi dan menjalankan tugas Sar. 

"Karena ini memiliki radius pencarian hingga 30 meter, sehingga memudahkan petugas dalam pencarian dan evakuasi korban," ujarnya kepada Tribun-medan.com. 

Ia mengatakan kapal ini nantinya akan mengcover selat malaka yang meliputi 6 Kabupaten di Sumatera Utara. 

"Untuk selat malaka, kami yang cover. Jadi sifatnya mobile. Jadi kami juga akan memantau aktivitas pelayaran di selat Malaka yang cukup padat," kata Pandawa. 

Katanya, kapal ini dapat mendukung pencarian dan menjadi pertolongan pertama bula terjadi kebakaran di tengah laut. 

"KN Sanjaya dilengkapi dengan maryam air yang bertujuan untuk memadamkan api apabila terjadi kebakaran kapal di laut. Sehingga pengoperasiannya secara mobile," jelas Pandawa. 

Baca juga: Evy Yunita Pohan, Jadi Atlet untuk Angkat Martabat Keluarga

Kapal yang memiliki spesifikasi panjang 40 meter, dengan lebar 7,8 meter mampu berjalan cukup kencang dengan kecepatan maksimal 30 Knot. 

Hal itu bukan tanpa alasan, pasalnya kapal ini dilengkapi dengan tiga buah mesin seri 1400, di tambah dengan bobot yang ringan teebuat dari alumunium. 

"Sehingga kapal ini bisa melaju cukup kencang," kaya Danpos Sar TBA. 

Jelasnya, selain itu, kapal ini juga memiliki beberapa fasilitas canggih lainnya berupa sistem autopilot, Sea Rider, perangkat satelit, alat selam dan peralatan komunikasi digital. 

(cr2/tribun-medan.com) 
 

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
305 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved