Agunarta Syarifuddin Manik, Raih Prestasi di Ajang Pemuda Pelopor Nasional 2021

Atas prestasinya itu, Agunarta akan mendapatkan piagam penghargaan di kegiatan Puncak Peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Editor: ayu prasandi
HO
Agunarta Syarifuddin Manik (tiga dari kanan) saat dilepas Dispora Sumut sebelum berangkat seleksi di Kemenpora, pada Jumat (22/10/2021) lalu. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Raihan prestasi kembali diperoleh anak muda asal Sumatra Utara.

Kali ini melalui Agunarta Syarifuddin Manik, anak muda asal Simalungun yang meraih prestasi sebagai Pemuda Pelopor Nasional 2021.

Kepala Bidang (Kabid) Layanan Kepemudaan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumut, Budi Syahputra menyebutkan, Agunarta berhasil menjadi pemenang pertama Pemuda Pelopor Tingkat Nasional Bidang Pelopor Sumber Daya Alam, tepatnya Lingkungan Pariwisata.

"Alhamdulillah,  Puji Syukur Kepada Allah SWT. Kemarin setelah di Paskibraka Nasional anak muda Sumut sudah membanggakan, hari ini anak muda Sumut lainnya, kembali mengharumkan nama Sumut sebagai pemenang pertama Pemuda Pelopor Nasional 2021," kata Budi, Rabu (27/10/2021).

Dijelaskan Budi, Agunarta merupakan sosok entrepreneur sosial, yang ikut mengembangkan lingkungannya lewat pemanfaatan perkebunan kopi.

Atas prestasinya itu, Agunarta akan mendapatkan piagam penghargaan di kegiatan Puncak Peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Baca juga: dr Tota Manurung, Ketua Yayasan TB Soposurung Balige, Yakini Doa Nenek di Perjalanan Karirnya

"Agunarta akan diberikan piagam penghargaan oleh Bapak Presiden RI/Menteri Pemuda dan Olahraga RI pada Puncak Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tingkat Nasional di Jakarta 28 Oktober 2021 atau besok," ucapnya.

Prestasi Agunarta dapat diraih berkat dukungan sejumlah pihak, seperti Kadispora Sumut, Ardan Noor, Dispora Kabupaten Simalungun serta tim Fact Finding Pemuda Pelopor Provinsi Sumut. 

"Sinergi ini telah berhasil menemukan pemuda terbaik untuk berprestasi di tingkat nasional. Ini merupakan kebanggaan bersama," jelasnya.

Terpisah, Anggota tim Fact Finding Pemuda Pelopor Provinsi Sumut 2021, Fakhrur Rozi menambahkan, bahwa selain Agunarta, ada juga utusan Sumut lainnya yakni Jelita Tambunan, asal Samosir, yang ikut seleksi nasional Pemuda Pelopor 2021. 

"Tahun ini Agunarta yang berhasil mencuri perhatian juri Kemenpora di Bidang Kepeloporan SDA, Lingkungan dan Pariwisata dan meraih nilai terbaik.

Tapi bagi Tim Fact Finding Pemuda Pelopor, Jelita dan Agunarta sudah menjadi inspirasi bagi anak muda Sumut lainnya untuk berbuat yang terbaik di masyarakat," ungkap Rozi.

Baca juga: Nimrot Sihotang, Karutan Negara Kelas I Labuhan Deli, Bina Narapidana Jadi Lebih Inovatif

Lebih lanjut Rozi menyatakan, momentum ini harus menjadi perhatian bagi pemerintah daerah di Sumut untuk terus mendukung anak muda secara lebih luas.

Sebab, sinergi yang dilakukan secara maksimal akan menghasilkan prestasi terbaik. 

"Dalam konteks Agunarta misalnya, saya mengapresiasi Karang Taruna Sumut, yang memberikan dukungan. Saat seleksi di tingkat daerah, Agunarta mengaku bahwa dia kader Karang Taruna dan juga mendapat dukungan dari Dispora Simalungun," pungkasnya.

(ind/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
300 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved