Tak Perlu Repot ke Kantor Samsat, Bayar Pajak Kini Bisa Melalui Toko Ritel, Begini Caranya

Melalui aplikasi ini, masyarakat atau wajib pajak bisa langsung membayar pajak kendaraannya di toko ritel terdekat.

Editor: ayu prasandi
TRIBUN MEDAN/ALMAZMUR
Karyawan Indomaret berdiri disamping pelayanan i-Kios di salah satu Indomaret di Jalan Multatuli, Kelurahan Hamdan, Kecamatan Medan Maimun, Selasa (14/9/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN- Warga Sumatra Utara (Sumut) saat ini tidak perlu repot-repot lagi membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLJJ) ke kantor Samsat.

Melainkan, bisa langsung membayar di toko ritel yang menyediakan i-Kios.

Caranya dengan menggunakan aplikasi e-Samsat Sumut Bermartabat.

Melalui aplikasi ini, masyarakat atau wajib pajak bisa langsung membayar pajak kendaraannya di toko ritel terdekat.

Baca juga: Sejarah dan Makna Dari Bangunan Rumah Adat Karo

Sistem pembayaran melalui inovasi e-Samsat Sumut Bermartabat ini sebelumnya telah diluncurkan pada bulan Januari 2021 lalu untuk memudahkan masyarakat dalam membayar pajak kendaraan.

"Melalui pengembangan dari aplikasi e-Samsat Sumut Bermartabat, bayar PKB, BBNKB dan SWDKLLJ kini dapat dilakukan di Indomaret, Alfamart maupun ritel-ritel lain. Harapannya mempermudah masyarakat membayar kewajibannya dan tidak perlu lagi langsung ke kantor-kantor Samsat kita," ujar Dirlantas Polda Sumut, Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda, usai meninjau langsung pembayaran pajak kendaraan online di toko ritel melalui aplikasi e-Samsat Sumut Bermartabat, Senin (13/9/2021).

Cara membayar pajak kendaraan di toko ritel cukup mudah, sebagai berikut :

1. Pastikan anda (Wajib Pajak) terlebih dahulu sudah mengisi beberapa data yang harus diisi pada aplikasi e-Samsat Sumut Bermartabat yang sudah diunggah hingga kode bayar dikeluarkan aplikasi tersebut.

2. Kunjungi toko ritel terdekat, lalu lakukan pengecekan data dan biaya pembayaran pajak melalui pelayanan i-Kios yang tersedia di toko ritel tersebut.

3. Setelah Surat Ketetapan Kewajiban Pembayaran (SKKP) PKB/BBNKB/SWDKLLJ keluar dari i-Kios, anda bisa langsung melakukan pembayaran di kasir.

Baca juga: Simson Sipahutar, Penikmat Literasi yang Tengah Kembangkan Pertanian di Kawasan Danau Toba

Sedangkan cara menggunakan pelayanan i-Kios yang ada di toko ritel untuk melihat data diri, kendaraan serta biaya pembayaran pajak, sebagai berikut :

– Ketik Samsat di kolom pencarian yang muncul di menu awal
– Pilih menu Samsat Sumatera Utara
– Masukkan Nomor HP anda (wajib pajak) dan kode pembayaran
– Setelah itu, data lengkap anda dan kendaraan anda akan muncul beserta biaya pembayaran pajak tersebut (SKPP)
– Lalu, cetak Surat Ketetapan Kewajiban Pembayaran (SKKP) PKB/BBNKB/SWDKLLJ

Untuk mendapatkan stempel di kolom pengesahan yang ada pada Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), pemilik kendaraan bisa langsung mendatangi kantor Samsat dengan hanya menunjukkan SKKP beserta struk pembayaran pajak yang sudah dibayarkan di toko ritel.

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Sumut (BP2RD) bekerja sama dengan Dirlantas Polda Sumut, melalui Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) menggelar simulasi pembayaran pajak kendaraan online via ritel melalui aplikasi e-Samsat Sumut Bermartabat, di salah satu toko ritel di Jalan Multatuli, Kelurahan Hamdan, Kecamatan Medan Maimun, Senin (13/9/2021).

Baca juga: Ramanda, Mahasiswa Asal Asahan, Bisa Hasilkan Omset Puluhan Juta dari Usaha Sablon

Menurut Dirlantas Polda Sumut tersebut, ikhtiar bersama Pemprov Sumut melalui BP2RD ini sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat untuk memudahkan dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan. 

Valentino menambahkan, dengan kemudahan ini juga, ke depannya tidak ada lagi alasan bagi masyarakat atau wajib pajak untuk tidak memenuhi kewajibannya.

Dalam simulasi tersebut, turut dihadiri juga oleh pihak dari Bank Sumut dan Samsat Kota Medan.

(Cr17/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
279 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved