Shanaz Salsabila, Runner Up 2 Duta Genre Kota Medan, Mahir Seni Henna dan MC 

Dalam masa kampanyenya, Shanaz menyadari bahwa mengedukasi remaja seusianya mengenai edukasi seks masih tabu di masyarakat luas.

Editor: ayu prasandi
HO
Shanaz Salsabila 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Masih berusia muda, Shanaz Salsabila Al Zamru turut giat mengampanyekan pentingnya kesehatan remaja usai didapuk sebagai Runner Up II Duta Genre Kota Medan 2020. 

Berjalan tujuh bulan masa baktinya, Shanaz mengedukasi baik secara virtual maupun secara langsung mengenai kesehatan reproduksi sejak dini, pencegahan seks bebas semasa remaja dan lainnya. 

"Kalau saat ini kita lebih mengampanyekan lewat virtual seperti webinar ataupun live Instagram. Jadi nanti ada beberapa pasang akan mengedukasi secara bergantian dengan duta lain," ungkap Shanaz, Sabtu (24/7/2021).

Dalam masa kampanyenya, Shanaz menyadari bahwa mengedukasi remaja seusianya mengenai edukasi seks masih tabu di masyarakat luas.

"Kata reproduksi sejauh ini masih menjadi hal yang tabu di kalangan remaja padahal tidak dan wajib kita ketahui.

Sebenarnya banyak yang tertarik mengenai edukasi seks ini tapi mereka masih malu-malu. Ini penting sekali untuk diketahui sejak dini, misalnya pun kita pacaran, sudah tahu batasan-batasan yang dibuat sebelum waktunya menikah," ujarnya.

Dikatakan Shanaz, semenjak terpilih menjadi bagian dari Duta Genre Kota Medan, dirinya banyak mendapat beragam pengalaman dan kesempatan untuk dapat mengedukasi sesama usianya yang tergabung dalam Pusat Informasi dan Konseling (PIK). 

Baca juga: Berikut Waktu Dan Cara Mendaftar Vaksinasi Untuk Anak Di RS USU

"Jadi kalau di PIK ini kita bisa membantu teman sebaya mengenai hidup mereka di keluarga seperti kurangnya komunikasi terhadap keluarga mereka malu membicarakan ke keluarganya dapat konsultasi ke kita," tutur Shanaz.

Namun, orang-orang yang dapat memberikan konsultasi dari PIK haruslah orang yang sudah mengikuti pelatihan dan mendapatkan sertifikat untuk dapat menjadi konselor sebaya.

Diantaranya ada Shanaz yang sudah mengikuti pelatihan selama beberapa hari dari para ahli bidang konseling.

Dari sini, Shanaz belajar bagaimana menjadi pendengar yang baik ataupun memberi saran dan solusi kepada klien sebaya.

Shanaz begitu begitu bersyukur dapat tergabung dalam kesibukan yang sebelumnya tak pernah ia terpikirkan untuk dapat terjun. 

Shanaz yang baru pindah beberapa bulan dari Tarutung ini tak berpikir panjang untuk langsung aktif mengikuti berbagai ajang kompetisi di kota Medan.

Diceritakan Shanaz jika dirinya sudah aktif sejak duduk di bangku SD hingga SMA mengikuti Pramuka yang pernah membawa dirinya mewakili kotanya. 

Baca juga: Selamat Juangga, Atlet Sepeda Sumut, Dari Hobi Menjadi Profesi

Bagi Shanaz, sejak kecil dirinya tak ingin hanya menjadi follower atau pengikut tapi ingin mampu berkontribusi aktif dalam sesuatu kegiatan.

Selain itu, Shanaz juga memegang prinsip bahwa restu orang tua adalah kelancaran dalam melakukan sesuatu.

Shanaz dapat dibilang begitu dekat dengan kedua orangtuanya. Ia bercerita jika segala sesuatu yang ia lakukan harus minta restu dari kedua orangtuanya.

"Kalau Shanaz melakukan sesuatu itu harus minta izin orang tua. Karena kalau Shanaz mau coba sendiri tanpa minta restu seperti ada yang mengganjal tapi kalau orangtua tahu dan support Alhamdulillah berjalan lancar," ujarnya.

Dengan tegas ia mengatakan bahwa orangtua menjadi sosok inspirasi yang membuat dirinya aktif di berbagai kesempatan untuk membuat orang tuanya bangga. 

Ia juga mengatakan bahwa dirinya berkeinginan untuk menjadi hakim. Diceritakan Shanaz, melalui profesi ini dirinya ingin menegakkan keadilan yang selama ini tumpul ke atas namun tajam ke bawah.

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
254 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved