Arya Kusuma, Atlet Buku Tangkis Sumut, Sempat Rela Tinggalkan Keluarga untuk Raih Prestasi

Demi mewujudkan cita-citanya sebagai atlet bulu tangkis berprestasi, ia terpaksa hijrah ke Bandung, Jawa Barat, dan meninggalkan keluarganya di Medan.

Editor: ayu prasandi
HO
Arya Kusuma, Atlet Buku Tangkis Sumut 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN -  Provinsi Sumatera Utara tidak pernah kekurangan atlet muda berbakat. Satu di antaranya ialah Arya Kusuma.

Pria kelahiran Penggalangan, Kabupaten Serdang Bedagai, pada 14 Agustus 2000 ini merupakan atlet cabang olahraga (cabor) bulu tangkis kebanggan Sumatera Utara.

Arya memulai karir profesionalnya sejak SMP kelas 1. Saat itu ia masuk pembinaan klub PB Mutiara Cardinal Bandung (PB MCB).

Baca juga: Bursa Buku Bekas Medan, dari Titi Gantung Hingga Kembali ke Sisi Timur Lapangan Merdeka

Demi mewujudkan cita-citanya sebagai atlet bulu tangkis berprestasi, ia terpaksa hijrah ke Bandung, Jawa Barat, dan meninggalkan keluarganya di Medan, untuk ikut pemusatan pembinaan bersama klub PB Mutiara tersebut.

"Mau ga mau saya harus pindah ke Bandung, keluarga tetap di Medan. Dari SMP sampai Kuliah saya di Bandung," ujarnya saat dikonfirmasi Tribun Medan, Minggu (4/7/2021) sore.

Arya mengungkap, PB Mutiara Cardinal ini merupakan satu di antara klub besar bulu tangkis di Indonesia. Klub ini masuk ke dalam daftar 3 besar setelah, PB Djarum Kudus, Jaya Raya Bintaro, dan PB Mutiara Cardinal Bandung (PB MCB).

Di Bandung, selain ikut pembinaan bersama PB MCB, Arya juga fokus menjalankan pendidikannya. Terhitung, sejak SMP sampai Perguruan Tinggi ia selesaikan di sana. Ia mendapat bantuan pembiayaan pendidikan dari PB MCB, dan gratis biaya tempat tinggal, makan, dan akomodasi.

"Untuk biaya pendidikan, PB MCB bantu 50 persen, sisanya keluarga yang nanggung. Tapi kalau untuk biaya di luar pendidikan, kaya tempat tinggal, makan, akomodasi, itu semua ditanggung klub," ucapnya.

Baca juga: Sejarah Kereta Api Lubukpakam, Dulu Digunakan untuk Angkut Komoditas Perkebunan

Pada Mei 2020, saat pandemi Covid-19, Arya kembali ke Medan.

Kini Arya tengah fokus mempersiapkan diri jelang perhelatan PON Papua Oktober 2021 mendatang. Untuk PON Papua, Arya bermain di kategori tunggal Putra.

Ia melakoni latihan dengan materi fisik, teknik, dan taktik bermain. Aktivitas latihan ia lakukan di Gedung Olah Raga (GOR) PBSI yang berada di jalan Williem Iskandar (Pancing), Kecamatan Medan Tembung, Kota Medan.

Diceritakannya, ia mengenal bulu tangkis sejak masih duduk di bangku kelas 3 Sekolah Dasar (SD). Ia dikenalkan oleh orang tuanya yang juga atlet bulu tangkis.

Akunya, setelah melihat orang tuanya bermain bulu tangkis, ia tertarik dan ikut bermain. Ternyata ia ada bakat di olahraga tersebut.

"Bapak saya yang ngenalkan dengan bulu tangkis. Ya karena bapak saya dulunya juga pemain (bulutangkis), jadi di kenalin bapak saya dan terus saya suka dan ada bakatnya di situ," katanya.

Baca juga: Sosok Petra Immanuel Ginting, Store Manager Suzuya Home Grosir, Masa Kecil Harus Jualan Es Lilin 

Bio File:

Nama: Arya Kusuma
Ttl:  Penggalangan, 14 Agustus 2000
Klub :  PB Mutiara Cardinal Bandung
Alamat Klub : Jl. Babakan Cibeureum No. 55, Bandung
No Telepon: 085352302724
Email : aryakusuma.ak71@gmail.com

Prestasi :

2016             
1.  Semi Finalis Astec Swasta Nasional Open -Jakarta (U-17)
2.  Semi Finalis Daihatsu Astec Swasta Nasional Open -Semarang (U-17)
3.  Juara ISTC Open Swasta Nasional Sukabumi (U-17)

2017             
1. Smi Finalis Sirkuit Primer Banten-Cilegon (U-19)
2. Runner-Up Sirkuit Nasional Mataram-Lombok (U-19)
3. Semi Finalis Super Liga Junior Beregu Magelang (U-19)
4. Semi Finalis Popnas, Jawa Tengah.
5.Rangking 5 Nasional (U-19)

Baca juga: Sejarah Masyarakat Aceh Di Medan, Dimulai Sejak Abad 16, Kini Merajai Warung Mie Aceh

2018         
1. Semi Finalis Super Liga Junior Beregu Magelang (U-19)
2. Semi Finalis Pembangunan Jaya Beregu Jakarta (U-19)      

2019              
1. Sparing Partner Asian Sport Badminton India Player Sathis Kumar, Asian Junior Championship Quarter Final, Runner Up National India U19 and Best Player Award
2. Pemain PON Sumatera Utara (MEDAN) 2021
3. Pemain Perusahaan Pupuk Kalimantan Timur (BUMN)

(cr12/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
218 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved