5 Rekomendasi Destinasi Wisata Heritage Di Kota Medan yang Wajib Dikunjungi

Tak perlu jauh-jauh, di sekitar pusat Kota Medan ada beberapa destinasi yang wajib anda kunjungi jika datang ke kota ini.

Editor: ayu prasandi
Tribun-medan/ Aqmarul Akhyar
Berbagai Landmark di Kesawan Square Medan, terutama rumah Tjong A Fie, yang terletak di Jalan Jend. A. Yani Medan, Kecamatan Medan Barat, Rabu (22/1/2020) 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN- Kota Medan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia. Kota metropolitan dengan jumlah penduduk hampir 3 juta ini menyimpan banyak destinasi menarik.

Tak perlu jauh-jauh, di sekitar pusat Kota Medan ada beberapa destinasi yang wajib anda kunjungi jika datang ke kota ini.

Destinasi ini tak hanya memiliki spot foto menarik, tetapi juga menyimpan nilai sejarah yang tinggi.

Berikut tribun-medan.com merangkum 5 destinasi wisata heritage di Medan yang wajib anda kunjungi.

Baca juga: Sejarah Berdirinya Pasar Horas, Ikon Kota dan Pusat Ekonomi Rakyat Siantar

1. Tjong A Fie Mansion

Berbagai Landmark di Kesawan Square Medan, terutama rumah Tjong A Fie, yang terletak di Jalan Jend. A. Yani Medan, Kecamatan Medan Barat, Rabu (22/1/2020)
Berbagai Landmark di Kesawan Square Medan, terutama rumah Tjong A Fie, yang terletak di Jalan Jend. A. Yani Medan, Kecamatan Medan Barat, Rabu (22/1/2020) (Tribun-medan/ Aqmarul Akhyar)

Lokasi ini mulanya adalah rumah besar milik pengusaha sukses dan terkenal berkebangsaan Tionghoa di Medan yang bernama Tjong A Fie.

Rumah ini resmi dibuka untuk umum pada 18 Juni 2009, sekaligus untuk memperingati ulang tahun perantau sukses berbisnis perkebunan, pabrik sawit, gula, serta perkeretaapian yang ke-150 tahun.

Luas rumah ini sekitar 6.000 meter persegi.

Rumah yang dijadikan museum ini terletak di Jalan Jendral Ahmad Yani Nomor 105, Kesawan, Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara.

Rumah yang dibangun pada tahun 1900 ini memiliki gaya arsitektur khas Tiongkok yang berpadu dengan budaya Eropa dan Melayu.

Untuk mengunjungi Tjong A Fie Mansion wisatawan dikenai tiket masuk sebesar Rp 35.000 per orang.

Lokasi Tjong A Fie Mansion sangat dekat dengan pusat Kota Medan, dapat ditempuh dengan waktu sekitar 10 menit dengan kendaraan roda dua atau roda empat.

Tak hanya itu, bangunan dengan arsitektur yang khas membuat Museum Tjong A Fie memiliki banyak spot foto estetik untuk anda.

Baca juga: 4 Sosok Hantu Yang Ditakuti Masyarakat Karo, Penjaga Kebun Hingga Hutan

2. Menara PDAM Tirtanadi

Menara PDAM Tirtanadi merupakan salah satu ikon Kota Medan. Menara ini sudah berusia lebih dari 100 tahun. Anda bisa menjadikan menara PDAM Tirtanadi sebagai spot foto.

Lokasi ini tidak dibuka untuk wisatawan, namun anda dapat mengambil foto dari Simpang Jalan Pandu dan Jalan Sisingamangaraja untuk mendapatkan foto estetik.

Baca juga: Stephanie Santira Pandia, Dokter Gigi Yang Jatuh Hati Dengan Dunia Jurnalis

3. Masjid Raya Medan atau Masjid Raya Al-Mashun

Masjid Raya Al Mashun yang metupakan Ikon Kota Medan di Jl Sisingamangaraja No61, Mesjid, Kec Medan Kota, Kota Medan, Jumat (25/9/2020)
Masjid Raya Al Mashun yang metupakan Ikon Kota Medan di Jl Sisingamangaraja No61, Mesjid, Kec Medan Kota, Kota Medan, Jumat (25/9/2020) (Tribun-medan/ Aqmarul Akhyar)

Masjid ini merupakan sebuah masjid yang terletak di Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan.

Masjid ini berjaral 2,6 KM dari Lapangan Merdeka Medan dan merupakan ikon Kota Medan yang paling terkenal.

Masjid ini dibangun pada tahun 1906 dan selesai pada tahun 1909.

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
215 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved