Tribun Medan Wiki

5 Fungsi Ornamen Suku Karo, Ada Yang Dipercaya Dapat Menolak Bala

Ornamen suku Karo tidak jarang ditemui di rumah-rumah warga yang tinggal di Tanah Karo Sumatera Utara

Editor: ayu prasandi
ist
Ornamen Suku Karo 

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN - Suku Karo setidaknya memiliki 17 ornamen yang kerap digunakan untuk memperindah atau menghias rumah atau suatu gedung.

Namun, selain untuk memperindah ternyata Ornamen suku Karo ini memiliki fungsi dan nilai filosofi tersendiri.

Ornamen suku Karo tidak jarang ditemui di rumah-rumah warga yang tinggal di Tanah Karo Sumatera Utara, selain itu, ornamen juga dapat dilihat di balai pertemuan (jambur), hingga rumah adat.

Berikut 5 ornamen suku Karo yang memiliki gambar yang indah serta makna dan fungsi yang berbeda-beda. Kelima ornamen ini juga yang paling sering digunakan masyarakat Karo.

Baca juga: Mengenal Simpang Jodoh dan Kuliner Rujak Ulek Legendaris

1. Tapak Raja Sulaiman

Ornamen ini bisa dibilang yang paling sering dijumpai di rumah adat Karo, ornemen ini bermotif geometris yang membentuk segi empat dan di setiap sisinya membentuk simpul. 

Konon nama ornamen ini diambil dari nama seorang raja yang dianggap sakti, dihormati dan ditakuti oleh makhluk – makhluk jahat.

Bahkan dahulu, Ornamen ini dipercaya sebagai pelindung dari hal-hal jahat yang ingin menyerang suatu keluarga baik itu kejahatan yang dapat dilihat maupun yang tidak dapat dilihat

Selain itu, bagi masyarakat Karo, Ornamen Tapak Raja Sulaiman ini juga memiliki makna kekuatan dan kekeluargaan, hingga saat ini ornamen ini kerap menghiasi rumah-ruma warga suku Karo.

Baca juga: 5 Buku Sejarah Terlaris di Gramedia, Bisa Jadi Rekomendasi Bacaan di Rumah

2. Ornamen Pengeret-eret

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved