Tribun Medan Wiki

5 Prodi Kuota Terbanyak di USU Saat SBMPTN, Menkumham RI ternyata Lulusan Prodi Ini

Para mahasiswa mulai mencari strategi bagaimana dapat mengalahkan para pesaing di jurusan yang memiliki peluang lebih besar untuk lulus.

Editor: ayu prasandi
Tribun-medan/ Aqmarul Akhyar
Universitas Sumatera Utara, di Jalan Dr T Mansur No 9, Kampus, Padang Bulan, Kec Medan Baru, Medan, 20155, Sumatera Utara, Sabtu (16/11/2019) 

Tribun-Medan.com, MEDAN- Universitas Sumatera Utara (USU) selalu menjadi incaran seluruh pelajar se-Indonesia untuk dapat mengenyam pendidikan. 

Setiap tahunnya, USU selalu membuka peluang kepada calon mahasiswa lewat tiga jalur, diantaranya Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang dapat diikuti oleh lulusan baru maupun dua tahun terakhir.

Biasanya, para mahasiswa mulai mencari strategi bagaimana dapat mengalahkan para pesaing di jurusan yang memiliki peluang lebih besar untuk lulus.

Baca juga: Kulcapi, Alat Musik Tradisional Suku Karo Menyerupai Gitar

Dikutip dari laman Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Tim Tribun Medan berhasil merangkum lima jurusan dengan kuota terbanyak, simak ulasan berikut ini: 

1. Ilmu Hukum (210 kursi)

Berada di Fakultas Hukum USU, ilmu Hukum menjadi prodi terpopuler dengan peminat tertinggi pada tahun 2020 sebanyak 2949 pendaftar dengan kuota untuk tahun 2021 ini sebanyak 210 kursi.

Apa saja yang dipelajari di prodi ini? Tentunya sesuai dengan nama prodi, Ilmu Hukum akan membahas sistem hukum yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat maupun bisnis seperti hukum perdata, hukum pidana, hukum tata negara, hingga hukum internasional.

Prospek Kerja : Notaris, Politisi, Petugas Imigrasi, Pengacara, Diplomat, Bagian Tata Usaha (Atase) Perdagangan Luar Negeri, Jaksa, Hakim, Panitera, System Analyst.

Lulusan : Ahmad Almaududy Amri (Diplomat RI untuk PBB di New York), Yasonna Hamonangan Laoly (Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia), Surya Paloh (Ketua Umum Nasdem)

Baca juga: Eddy Sibarani, Ketua KONI Medan, Pernah Jadi Atlet Olahraga Tinju

2. Ilmu Kesehatan Masyarakat (120 kursi)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved