Tribun Medan Wiki

Andaliman, Rempah Bercita Rasa Khas Tanah Batak yang Kini Tembus Pasar Jerman

Secara morfologi, daun andaliman tersebar, bertangkai, majemuk menyirip beranak daun gasal, serta mengandung kelenjar minyak.

Editor: ayu prasandi
HO
Andaliman, Tumbuhan rempah khas Batak 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN- Bagi orang Batak asli yang lahir di sekitar Danau Toba, tentu tidak asing lagi dengan Andaliman.

Sejenis buah yang kerap hadir di berbagai masakan khas tanah Batak.

Memiliki cira rasa khas, Andaliman akan sering ditemui di masakan adat suku Batak, dan sering juga dijadikan sebagai bahan campuran sambal yang disebut sambal Andaliman.

Saking terkenal dan memiliki peran vital dalam masakan suku Batak, ada banyak sekali nama-nama toko ataupun gedung yang diambil dari nama tumbuhan rempah ini.

Baca juga: Kue Pancong Khas Betawi, Jajanan yang Melegenda di Kota Medan

Nama Latin

Andaliman dengan nama latin Zanthoxylum acanthopodium DC adalah komoditas perkebunan asal sub sektor perkebunan, yang dapat memberikan rasa sensasi pedas menggigit dan getir di lidah dan terasa kebas. Efek inilah yang membuat pedasnya banyak menarik dan menggoda para chef profesional hingga di manca negara.

Tidak jarang, cita rasa yang khas ini menjadikan andaliman sering disebut sebagai merica batak. Berbagai masakan khas tanah Batak dari jaman dahulu, juga menggunakan andaliman sebagai bumbu wajib.

Baca juga: Kisah 7 Dukun Penantang Tuan Jonggi Di Pasir Silalahi Danau Toba, Berakhir Dalam Guci Sibiaksa

Jenis Masakan dengan Andaliman

1. Arsik

Arsik merupakan masakan khas Batak yang wajib ada dalam acara-acara besar maupun acara adat. Sekilas masakan arsik mirip dengan gulai namun sangat berbeda dari segi rasa dan tekstur.

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved