Tribun Medan Wiki

Rumah Kayu Tempat Lahirnya Cornel Simanjuntak di Siantar, Pencipta Lagu Patriotik Indonesia

Kondisi rumah belum mengalami rehabilitasi. Papan-papan yang keropos hanya ditambal kayu oleh kelurga.

Editor: ayu prasandi
TRIBUN MEDAN/ALIJA
Cornel Simanjuntak dan rumahnya di Siantar 

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR- Sebuah rumah kayu khas adat Batak tempo dulu kian reyot. Barisan papan di rumah panggung ini mulai keropos di makan zaman.

Namun di sini telah lahir pencipta lagu-lagu heroik dan patriotik Indonesia, Cornel Simanjuntak.

Kesan seorang tokoh pahlawan Indonesia sekaliber Cornel Simanjuntak jauh berbeda dari kondisi rumahnya yang kini butuh perhatian.

Kondisi rumah belum mengalami rehabilitasi. Papan-papan yang keropos hanya ditambal kayu oleh kelurga.

Cornel Simanjuntak Lahir di Pematangsiantar pada tahun 1921 (belum diketahui tanggal kelahiran).

Cornel Simanjuntak dan rumahnya di Siantar
Cornel Simanjuntak dan rumahnya di Siantar (TRIBUN MEDAN/ALIJA)

Ia meninggal dunia pada 15 September 1946 di Yogyakarta, dan dikenal sebagai tokoh yang membawa perkembangan musik di Indonesia.

Www.tribunmedan.id sempat menyambangi rumah kediaman Cornel Simanjuntak yang berlokasi di Jalan Tambunan, Kelurahan Tong Marimbun, Kecamatan Siantar Marimbun, Kota Pematangsiantar, Kamis (11/3/2021) siang. 

Di sini, kedatangan www.tribunmedan.id disambut hangat seorang wanita bernama Berlian Simanjuntak (40). Wanita satu ini merupakan cucu dari adik Cornel Simanjuntak, Anoi Simanjuntak.

"Iya di sini Cornel Simanjuntak lahir dan sampai usia remaja, sebelum ke Medan dan merantau ke Jawa. Beliau sepuluh bersaudara yang lahir dari pasangan Tolpus Simanjuntak dan Br Siahaan," ujar Berlian Simanjuntak seraya menurunkan maskernya.

Menurut cerita keluarga yang diterima Berlian Simanjuntak, ayahanda dari Cornel Simanjuntak merupakan pegawai Belanda yang berdinas sebagai polisi pertanahan atau biasa dipanggil mandor oleh warga sekitar.

Lahir dari seorang pegawai kedinasan, tak membuat hati Cornel Simanjuntak mati dan melupakan kondisi masyarakat Indonesia yang tengah terjajah.

Cornel tetap ikut dalam peperangan, sampai menciptakan lagu-lagu patriotik.

"K

Rumah kediaman Cornel Simanjuntak yang berlokasi di Jalan Tambunan
Rumah kediaman Cornel Simanjuntak yang berlokasi di Jalan Tambunan (TRIBUN MEDAN/ALIJA)

eluarga mereka memang hobi bermusik, selain Cornel Simanjuntak, Anoi Simanjuntak juga dikenal sebagai artis Batak," kata Berlian.

Dari buah pikirannya, lahir lagu-lagu yang heroik dan patriotik, seperti ; Tanah Tumpah Darah, Maju Tak Gentar, Pada Pahlawan, Teguh Kukuh Berlapis Baja, Indonesia Tetap Merdeka.

Berlian mengisahkan, keluarga Cornel Simanjuntak menjalani keyakinan sebagai Kristen Pentakosta. Gereja tempat ibadah keluarga tak jauh dari rumah keluarga.

Cornel Simanjuntak sendiri belakangan dikenal telah memeluk Khatolik sampai akhir hayatnya. 

Sementara keluarga juga memiliki beberapa petak sawah yang sampai dengan saat ini masih dikelola keluarga tanpa ada yang hilang satu meterpun, sebagai peninggalan yang wajib dijaga.

"Orangtua Cornel Simanjuntak juga setelah meninggal dimakamkan di sini. Di sana," ujar Berlian menunjukkan jarinya ke arah persawahan keluarga

Berlian mengatakan besar harapan keluarga agar pemerintah Kota Pematangsiantar dapat memperhatikan kondisi kediaman Cornel Simanjuntak, sebagai tempat lahirnya tokoh musik patriotik Indonesia.

(Alj/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
149 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved