Tribun Medan Wiki

Candi Bahal

Sumatera Utara memiliki candi yang menjadi sebuah bangunan cagar, yakni Candi Bahal

Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Ekarista Rahmawati Putri
Tribun-medan/HO
Candi Bahal berlokasi di Desa Bahal, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, Senin 4 Januari 2021 

Laporan Reporter Tribun Medan/Aqmarul Akhyar

TRIBUNMEDANWIKI.com - Apabila ingin beriwisata untuk melihat candi, tak harus jauh jauh pergi ke Pulau Jawa. Sumatera Utara juga memiliki candi yang menjadi sebuah bangunan cagar budaya.

Satu di antaranya, Candi Bahal berlokasi di Desa Bahal, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Dikutip dari gpswisataindonesia.info, Senin (4/1/2021), candi ini merupakan kompleks candi atau dalam istilah setempat disebut biaro. Bahkan candi ini disebut - sebut candi terluas di provinsi Sumatra Utara. Hal ini karena arealnya melingkupi kompleks Candi Bahal I, Bahal II dan Bahal III.

Tak hanya itu saja, Candi Bahal hanya merupakan bagian dari candi-candi Padanglawas, yang berarti candi-candi yang terletak di padang lawas. 

Antara lain Candi Pulo, Candi Barumun, Candi Singkilon, Candi Sipamutung, Candi Aloban, Candi Rondaman Dolok, Candi Bara, Candi Magaledang, Candi Sitopayan dan Candi Nagasaribu.

Selanjutnya, Candi Bahal terdiri dari tiga buah candi, yang masing-masing terpisah dengan jarak sekitar 500 meter.

Beberapa kilometer dari candi ini ada pula candi lain, yakni Candi Pulo atau Barumun yang tengah dipugar.

Candi Bahal seringkali disebut juga sebagai Candi Portibi, sesuai dengan sebutan untuk daerah tempat candi itu berada.

Dilansir oleh Indonesia.go.id, untuk Candi Bahal II, berlokasi di Desa Bahal, Kecamatan Portibi, Kabupaten Padang Lawas Utara, sekitar 500 meter arah tenggara dari Candi Bahal I.

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved