Potret Keakraban Satgas TMMD ke-109 Medan dengan Orang Tua Asuh

Membantu memasak, perbaiki pagar, mengulas pelajaran sekolah dan mengajar mengaji bagi anak anak, kerap sekali dilakukan oleh personel Satgas TMMD

Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Afritria
Tribun-medan/HO
Satu di antara Personel Satgas TMMD ke-109 Kodim 0201/ BS Medan sedang membantu mengupas kuliit pisang bersama orang tua asuh, di Kelurahan Tanah Enam Ratus, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan, Senin (5/10/2020). 

TRIBUN-MEDAN-WIKI.com - Membantu memasak, perbaiki pagar, mengulas pelajaran sekolah dan mengajar mengaji bagi anak anak, kerap sekali dilakukan oleh personel Satgas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 Kodim 0201/BS Medan.

Kali ini terlihat kembali lagi potret Satgas TMMD ke-109 Medan akrab dengan keluarga asuh di Lokasi kegiatan TMMD ke-109, Kelurahan Tanah Enam Ratus, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan. Pasiter Kodim 0201/ BS Medan, Mayor Inf Romi Sembiring, mengatakan, begitulah potret kehidupan yang dijalankan para personel dengan keluarga asuhnya masing-masing, Senin (5/10/2020).

Hal ini tentunya demi mewujutkan kemanunggalan TNI Kodim 0201/ BS Medan dala membantu masyarakat dalam dalam balutan TMMD. Hubungan antara Satgas dengan orang tua asuh terjalin dengan baik dan penuh kehangatan. Oleh karena itu, sangat wajar banyak masyarakat setempat terlihat dekat dengan Satgas TMMD ke-109 Medan.

“Jadi seperti itulah yang kami harapkan, karena rakyat adalah ibu kandung dari TNI. Saya berharap para Satgas menganggap orang tua asuh sebagai orang tua sendiri, begitupun sebaliknya," ujarnya.

Sambungnya, hubungan keakraban Satgas TMMD ke-109 Medan dengan keluarga asuh ini sudah terlihat sejak kehadiran Satgas TMMD tersebut. Hal itu juga terlihat seperti yang dilakukan oleh Pratu Budi Syahputra.

Dia membantu Ibu Sumini (53) mengupas pisang dari kulitnya untuk bahan usaha pembuatan keripik, pada pagi hari.

Dandim 0201/BS Dampingi Pangdam I/BB Pimpin Ziarah ke TMP Bukit Barisan Medan

Satu di antara Personel Satgas TMMD ke-109 Kodim 0201/ BS Medan sedang membantu menggoreng pisang bersama orang tua asuh, di Kelurahan Tanah Enam Ratus, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan, Senin (5/10/2020).
Satu di antara Personel Satgas TMMD ke-109 Kodim 0201/ BS Medan sedang membantu menggoreng pisang bersama orang tua asuh, di Kelurahan Tanah Enam Ratus, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan, Senin (5/10/2020). (Tribun-medan/HO)

“Hampir setiap hari sejak adanya TMMD ini, kami melihat keakraban tersebut. kami melihat personil kami ini sebelum bertugas mengerjakan bronjong TMMD, Ia membantu ibu sumini. Bahkan ia pun membantu ibu itu, memasak untuk sarapan pagi anggota keluarganya di rumah tersebut,” ucapnya.

Personel Satgas TMMD ke-109 Medan, Pratu Budi, menjelasakan ia membantu Ibu Sumini karena sudah dianggapnya sebagai orang tuanya sendiri dan menganggap rumah ibu tersebut adalah rumahnya sendiri. Karena baginya, membantu orang tua meskipun orang tua asuh merupakan perbuatan yang baik dan positif.

"Kami di rumah ibu ini sudah merasa kayak di rumah sendiri dan seperti keluarga sendiri. Jadi tak perlu rasa sungkan ataupun canggung untuk membantu ibu ini. Karena bagaimana pun ibu ini merupakan orang tua kami juga,” tuturnya.

Lanjutnya, seperti yang dilihat personel Satgas TMMD ke-109 Medan saat berinteraksi dengan orangtua asuhnya dan anak-anaknya. Baik saat makan bersama, belajar maupun bercanda, sudah seperti keluarga sendiri. Ia juga berharap, semoga ikatan silaturahmi ini tetap terjalin.

Sirih Suguhan Tradisi Adat Karo

“Ya semoga silaturahmi ini terjalin, meskipun para personel Satgas ini nanti sudah kembali ke satuan masing-masing," pungkasnya.

Ibu Sumini juga menyampaikan kehadiran Satgas TMMD ke-109 Medan di rumahnya dan lokasi lingkunagannya adalah sebuah rezeki yang diberikan Tuhan kepadanya. Karena, menurutnya semakin banyak bersilturahmi semakin banyak pula rezeki yang diberikan Tuhan kepada umatnya. Apalagi, sebagai manusia harus menjalin silaturahmi untuk memwujudkan rasa syukur hidup di muka bumi.

“Ya saya bersyukur saja terhadap Tuhan, telah memberikan rezeki berbentuk silaturahmi dan saudara baru bagi saya. Karena hakikatnya manusia haruslah menambah silaturahami dan memperbanyak saudara. Kedatangan Satgas TMMD ke-109 Medan ini membuat pintu rezeki saya makin terbuka,” katanya.

Ia menambahkan, terbukanya pintu rezeki tak hanya menambah omzet penjualan tetapi juga merasa terbantu dalam pengerjaan pembuatan keripik pisang. Baik itu dalam pengupasan pisang hingga menggorang keripik pisang. Tak hanya itu saja, kehadiran Satgas TMMD ke-109 Medan juga membuat kampung kami terbebas dari bala banjir karena pembangunan bronjong di sungai kami ini.

“Saya berharap semoga Tuhan memberkati langkah Satgas TMMD ke-109 Medan menjadi TNI yang selalu di lindungi Tuhan dalam tugas-tugasnya. Baik dalam penaikkan pangkat serta mendapatkan rezeki yang banyak, aamiin,” ucapnya. 

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved