Dandim 0201/BS Dampingi Pangdam I/BB Pimpin Ziarah ke TMP Bukit Barisan Medan

Komandan Kodim 0201/BS Medan, Letkol Inf Agus Setiandar, SIP, turut mendampingi Pangdam I/BB, Mayjen TNI Irwansyah, MA, MSc, dalam pelaksanaan ziarah

Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Afritria
Tribun-medan/HO
Komandan Kodim 0201/BS Medan, Letkol Inf Agus Setiandar, SIP, (kanan), turut mendampingi Pangdam I/BB, Mayjen TNI Irwansyah, MA, MSc, dalam pelaksanaan ziarah nasional menyambut HUT ke-75 TNI Tahun 2020 di TMP Bukit Barisan, Jalan Sisingamangaraja Medan, Senin (5/10/2020) 

TRIBUN-MEDAN-WIKI.com - Komandan Kodim 0201/BS Medan, Letkol Inf Agus Setiandar, SIP, turut mendampingi Pangdam I/BB, Mayjen TNI Irwansyah, MA, MSc, dalam pelaksanaan ziarah nasional menyambut HUT ke-75 TNI Tahun 2020 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bukit Barisan, Jalan Sisingamangaraja Medan, Jumat (2/10).

Pelaksanaan ziarah yang melibatkan Prajurit TNI dari tiga matra (AD, AL, dan AU) wilayah Kota Medan sekitarnya serta anggota Polri dari jajaran Polda Sumut, dipimpin Pangdam I/BB sebagai Inspektur Upacara.

Kegiatan upacara turut dihadiri Danlantamal I Belawan, Brigjen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso, Pangkosekhanudnas III, Marsma TNI Esron SB Sinaga, Kasdam I/BB, Brigjen TNI Didied Pramudito, Irdam I/BB, Brigjen TNI Gamal Haryo Putro, Kapok Sahli Pangdam I/BB, Brigjen TNI John Sihombing, Danlanud Soewondo, Kolonel Pnb Juli Heryanto Ginting, para PJU tiga matra (AD, AL, AU) wilayah Kota Medan, serta perawakilan Kapolda Sumut.

Upacara diawali dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Pangdam I/BB, dan dilanjutkan dengan penghormatan secara militer kepada seluruh arwah para pahlawan yang ada di TMP Bukit Barisan serta peletakan karangan bunga. Kegiatan dilanjutkan dengan ziarah dan tabur bunga ke pusara para pahlawan, satu di antaranya pusara Letjen TNI (Purn) Alm H Raja Inal Siregar yang terakhir menjabat sebagai Gubernur Sumatera Utara.

"Ziarah ini dilakukan selain untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan, juga untuk memanjatkan doa dan sebagai tradisi yang harus dilestarikan dan dipupuk untuk dilanjutkan oleh generasi berikutnya," ujar Pangdam I/BB, Mayjen TNI Irwansyah, MA, MSc.

Kota Maksum

Sirih Suguhan Tradisi Adat Karo

Komandan Kodim 0201/BS Medan, Letkol Inf Agus Setiandar, SIP, (kanan), turut mendampingi Pangdam I/BB, Mayjen TNI Irwansyah, MA, MSc, dalam pelaksanaan ziarah nasional menyambut HUT ke-75 TNI Tahun 2020 di TMP Bukit Barisan, Jalan Sisingamangaraja Medan, Senin (5/10/2020)
Komandan Kodim 0201/BS Medan, Letkol Inf Agus Setiandar, SIP, (kanan), turut mendampingi Pangdam I/BB, Mayjen TNI Irwansyah, MA, MSc, dalam pelaksanaan ziarah nasional menyambut HUT ke-75 TNI Tahun 2020 di TMP Bukit Barisan, Jalan Sisingamangaraja Medan, Senin (5/10/2020) (Tribun-medan/HO)

Sambungnya, dengan pennyambutan HUT Ke-75 TNI tahun 2020 ini, Pangdam berharap dari pelaksanaan ziarah ini akan membentuk postur Prajurit TNI yang semakin dewasa dan semakin bertambah kekuatannya. Hal ini gunanya menjaga kedaulatan bangsa dan negara dari berbagai ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan.

"Dengan pelaksanaan ziarah ini, kita memberi contoh teladan kepada generasi muda yang menjadi masa depan bangsa untuk tidak melupakan sejarah. Bahwa bangsa Indonesia bisa berdiri kokoh sampai saat karena perjuangan dan pengorbanan yang tanpa pamrih dari para pendahulu. Karananya, kegiatan ziarah seperti ini sangat positif untuk diteruskan agar generasi berikutnya tidak lupa akar sejarah bangsanya," pungkasnya.

Kegiatan ziarah yang tetap menerapkan disiplin Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19 ini diakhiri dengan sesi foto bersama oleh para pejabat TNI dari tiga marta bersama anggota Polri. Turut serta dalam kegiatan ini, Ketua dan pengurus Persit KCK PD I/BB serta jajaran, Ketua Jalasenastri Lantamal I Belawan, Ketua PIA Ardya Garini Kosekhanudnas III Medan bersama para pengurus masing-masing.

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved