Tribun Medan Wiki

Fashion Show Ulos Pertama Kali Digelar di Kampung Ulos Hutaraja Samosir

TRIBUN-MEDAN-BLOGWIKI.com – Berbagai macam cara positif yang dilakukan masyarakat Sumatera Utara unttuk melestarikan kebuayaannya. Hal ini semata

Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Afritria
Tribun-medan/ Aqmarul Akhyar
Ibu-Ibu Kampung Ulos Hutaraja, sedang menarikan tari tor tor dalam rangkaian acara Fashion show Ulos di Desa Lumban Suhi Suhi Toruan, Kabupten Samosir, Jumat (25/9/2020) 

TRIBUN-MEDAN-WIKI.com – Berbagai macam cara positif yang dilakukan masyarakat Sumatera Utara unttuk melestarikan kebuayaannya. Hal ini semata dilakukan untuk menjaga kearifan lokal dan eksistensi kebudayaan yang ada di provinsi Sumatra Utara, terutama di Kabupaten Samosir. Seperti yang terlihat di Kampung Hutaraja, Desa Lumban Suhi Suhi Toruan, Kabupten Samosir, saaat pekan silam (19/9).

Kampung yang dikenal dengan sebutan Kampung Ulos tersebut, pertama kalinya menyelenggarakan Fashion Show Ulos. Hal ini tentunya bertujuan untuk melestarikan budaya yang ada di kampung tersebut dan memberikan edukasi kepada generasi muda Indonesia. Kepala Desa Lumban Suhi Suhi Toruan, Raja Sondang Simarmata mengatakan lebih dari seribu orang tampak memadati kawasan yang dijuluki Kampung Ulos ini, Jumat (25/9/2020).

“Animonya masyarkatnya sangat luar biasa ya, jadi sebagian besar yang hadir menggunakan busana dari ulos, kain tenun Batak. Kedatangan mereka tak lain untuk memeriahkan acara Hita Do Hutaraja ( Kita Adalah Hutaraja ), sebuah acara spesial tentang ulos,” ujarnya kepada www.tribun-medan.com melalui gawai.

Ia juga meyampaikan acara ini diawali dengan Martonun Sadari ( Bertenun satu hari ) yaitu kegiatan bertenun bersama puluhan penenun disepanjang kawasan rumah adat Hutaraja. Tampak pula disana ragam jenis ulos dipamerkan. Tak hanya itu saja, para pengunjung juga dapat membeli atau sekedar mencoba langsung untuk pengalaman bertenunnya.

Salah satu peserta  acara fashion show ulos yang pertama kali diselenggarakan Kampung Ulos Hutaraja, Desa Lumban Suhi Suhi Toruan, Kabupten Samosir, Jumat (25/1/2020)
Salah satu peserta acara fashion show ulos yang pertama kali diselenggarakan Kampung Ulos Hutaraja, Desa Lumban Suhi Suhi Toruan, Kabupten Samosir, Jumat (25/1/2020) (Tribun-medan/ Aqmarul Akhyar)

“Nah, menjelang siang acara kami ini dilanjutkan dengan peragaan busana kreasi ulos yang dipimpin langsung oleh Ketua PKK, Stela Florensia Hutajulu. Jadi, lebih dari 200 peserta dari berbagai usia mengikuti ajang ini. Bukan hanya dari Kabupaten Samosir, peserta juga datang dari Siantar dan Medan,” pungkasnya.

Raja Sondang Simarmata juga menjelaskan untuk puncak aranya, para pengunjung dihibur oleh peragaan busana dari para ibu penenun ulos. Tentu saja, mereka mengenakan kain ulos yang mereka tenun sendiri. Tak hanya itu, para penenun juga melakukan nyanian opera Batak yang menuai gelak tawa.

Teater Garis Lurus Langkat Melestarikan Budaya Melalui Pembuatan Video Tari Melayu

Merari Siregar

Disamping itu, Ia juga mengatakan bahwa acara ini, digagas oleh Pemerintah Desa Lumban Suhi Suhi Toruan. Alasan acara ini diadakan agar menjadi momentum awal kembalinya daya tarik wisata Kampung Ulos Hutaraja, yang sempat sunyi saat pandemi. Selain itu jug, untuk mengapresiasi para penenun, para pejuang budaya.

“Jadi kami sebut acara ini Pesta Rakyat, dari rakyat, untuk rakyat. Ajang ini tentu saja akan kami buat rutin. Nah, sepanjang acara berlangsung, pengunjung juga turut dihibur oleh tarian tor tor, mulai dari yang tradisional sampai kontemporer. Jadi saya berharap emoga kegiatan bertenun ulos semakin bangkit, budaya Batak pun tetap lestari,” ujarnya. 

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved