Air Terjun Erfrata Kepingan Surga Indonesia

Tak ada yang salah bila Danau Toba disebut Kepingan Surga Indonesia. Hal ini terbukti, karena Danau Toba memiliki destinasi wisata alam yang begitu

Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Afritria
Tribun-medan/ Aqmarul Akhyar
Air Terjun Erfrata, yang ada di kawasan Danau Toba, Desa Sosor Dolok, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Selasa (8/9/2020) 

TRIBUN-MEDAN-WIKI.com - Tak ada yang salah bila Danau Toba disebut Kepingan Surga Indonesia. Hal ini terbukti, karena Danau Toba memiliki destinasi wisata alam yang begitu eksotis dipandang dengan mata dan mendamaikan hati.

Satu di antara destinasi alamnya, Air Terjun Erfrata, yang ada di kawasan Danau Toba, Desa Sosor Dolok, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir.

Destinasi air terjun ini juga merupakan salah satu destinasi yang terkenal di Sumatera Utara. Air terjun dengan tumpahan airnya yang begitu kuat, bahkan lebih kuat lagi ketika musim hujan. Tak hanya itu saja, suara deruan air yang menghempas ke bumi, mengisi ruang alam kawasan tersbeut.

Hal ini tentunya, karena air tejunnya memiliki tinggi sekitar 25 sampai 26 meter dan memiliki lebar 10 meter. Sumber air terjunnya yang berasal dari pegunungan Bukit Barisan, tak henti-hentinya tercurah dan membasahi batu-bebatuan perbukitan.

Sungguh takhjub bila sampai di lokasi tersebut, karena mata para wisatawan bisa merasakan suasana keindahan air terjun Erfrata dan alam sekitarnya.

Bahkan, kesejukan udaranya pun membuat para wisatawan betah berlama-lama di air terjun Erfrata. Tak hanya itu saja, spot-spot foto alamnyabjuga sangat eksotis bila diabadikan ke sosial media. Maka, wajsr saja banyak pengunjung yang berswafoto dan welfie ketika sampai di tempat tersebut.

Air Terjun Erfrata, konon kabarnya arti sebuah nama air terjun tersebut taman yang terindah dan suci.

Orangutan Sumatera

Menurut turis setempat, pengertian nama tersebut berawal dari cerita turis manca negara yang sampai ke tempat tersebut. Setelah sampai, turis manca negara tersebut terpanah oleh keindahan alam air terjun di hadapannya. Lalu, turis tersebut berkata "Efrata Waterfall" kemudian lambat laun julukkan dan cerita tersebut pun tersebar dari mulut ke mulut.

Namun, ada juga turis lokal yang menyebutkan air terjun tersebut merupakan "air terjun Tele" karena lokasinya tak jauh dari menara pandang tele di Samosir dan Danu Toba.

Bahkan, ada juga yang menyebutkan air terjun ini sebagai wisata alam kawasan hijau. Karena tempatnya yang diapit oleh perbukitan, dan memiliki nuansa alam hutan yang alami. Begitu juga dengan, bentuk air terjunnya seperti tirai yang melebar.

Deby dan dua temannya berswafoto di Air Terjun Erfrata, yang ada di kawasan Danau Toba, Desa Sosor Dolok, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Selasa 8 September 2020
Deby dan dua temannya berswafoto di Air Terjun Erfrata, yang ada di kawasan Danau Toba, Desa Sosor Dolok, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Selasa 8 September 2020 (Tribun-medan/ Aqmarul Akhyar)
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved