Sari Kurma Aulia Jadi Olahan Kurma Pertama di Sumut sebagai Penangkal Corona

Tak hanya pulau lain di Indonesia yang memiliki olahan kurma menjadi Sari Kurma. Sumut juga memiliki prodak lokal, seperti Sari Kurma Aulia,

Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Afritria
Tribun-medan/ Aqmarul Akhyar
Kemasan Botol Prodak Sari Kurma olahan anak Sumut, di Jalan Danau Marsabut Nomor 9, Kota Medan, Rabu (17/6/2020)

TRIBUN-MEDAN-WIKI.com - Tak hanya pulau lain di Indonesia yang memiliki olahan kurma menjadi Sari Kurma. Sumut juga memiliki prodak lokal, seperti Sari Kurma Aulia, yang merupakan olahan sari kurma pertama di Sumut.

Bahkan, sari kurma ini dipercaya sebagian masyarakat Medan sebagai penangkal Virus Corona.

Sebagai pemilik Usaha Mikro Kecil Menengah Sari Kurma Aulia, Aulia Andri, mengatakan prodak sari kurma ini baru saja berdiri pada akhir bulan Maret 2020.

Berada di Jalan Danau Marsabut Nomor 9, Kota Medan. Namun, sudah mendapat pangsa pasar yang begitu pesat. Hingga, saat ini pemesanan Sari Kurma Aulia sudah sampai di luar porvinsi Sumut, seperti tanah Aceh, Jakarta dan Riau.

"Awalnya tak ada tak ada niat membuat prodak sari kurma. Aku awalnya beli kurma mau dibagikan dengan teman-teman dan keluarga karena mau Ramadan. Aku saat itu beli sekitar 25 Kg, jadi ada sisa aku coba coba buat sari kurma la," tuturnya.

Sambungnya, setelah melakukan percobaan membuat sari kurma, ada beberapa kali tidak jadi sari kurma. Pertama kali mencoba, olahan kurma tersebut menjadi keras seperti dodol. Ketika percobaan ketiga dan keempat kalinya, baru menjadi sari kurma.

Kurma yang direndam sedang diolah menjadi prodak Sari Kurma olahan anak Sumut, di Jalan Danau Marsabut Nomor 9, Kota Medan, Rabu (17/6/2020)
Kurma yang direndam sedang diolah menjadi prodak Sari Kurma olahan anak Sumut, di Jalan Danau Marsabut Nomor 9, Kota Medan, Rabu (17/6/2020) (Tribun-medan/ Aqmarul Akhyar)

Yagasu Aceh Ciptakan Yagasu Mart Guna Penuhi Kebutuhan Dapur Berkualitas Secara Online

"Setelah jadi, aku beri kepada teman-teman terdekat sebagai tester. Ternyata, aprrsiasi teman-teman mengatakan bagus hasilnya dan enak dikosumsi. Kemudian, aku baca-baca lah kahasiat sari kurma itu, ternyata bagus. Sebagai anti oksida, mencegah virus, membangun daya tahan tubuh dan khasiat lainnya," ucapnya.

Bahkan, untuk pengidap sakit gula dan tak mau gemuk sari kurma ini bisa. Lalu, timbul lah ide untuk berdagang sari kurma. Apalagi, saat ini di tengah pandemi Covid-19, sari kurma ini juga bisa untuk meningkatkan kekebalan tubu.

"Alhamdulillah sampai saat ini prodak Sari Kurma Aulia ini lumayan, pemesanan sudah sampai Jakarta, Aceh dan Riau. Awalnya sari kurma ini namanya Sarib Kurma Al Barakah, tetapi teman-teman menyarankan pakai namaku, jadi lah Sari Kurma Aulia," katanya.

Lanjutnya, kebetulan olahan kurma menjadi sari kurma di pulau Sumatera belum ada yang memproduksi. Indonesia hanya ada di pulau Jawa, seperti Bogor dan Depok. Jika ada yang menjual di Sumatera, itu hanya beli perkilo di pulau Jawa. Maka, dengan begitu diciptakan lah prodak Sari Kurma pertama di Sumatera khas Sumatera Utara.

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved