Ancol Arung Jeram

Tak hanya Ibu Kota Jakarta saja, yang memiliki tempat wisata bernama Ancol. Ternyata, provinsi Sumatra Utara (Sumut) juga memiliki tempat wisata

Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Afritria
Tribun-medan/ Aqmarul Akhyar
Caption: Para Pengunjung lagi melakukan Rafting atau Arung Jeram di Ancol Arung Jeram, Desa, Buluh Duri, Sipispis, Kabupaten Serdangbedagai, Sumatera Utara, Minggu (14/6/2020). 

TRIBUN-MEDAN-WIKI.com – Tak hanya Ibu Kota Jakarta saja, yang memiliki tempat wisata bernama Ancol. Ternyata, provinsi Sumatra Utara (Sumut) juga memiliki tempat wisata dengan nama Ancol. Namun, destinasi wisatanya berbeda, dengan Ancol Taman Impian Jakarta, Minggu, (14/6/2020).

Destinasi wisata Ancol yang terletak di  Kota Tebingtinggi, Sumatra Utara ini, hanya menawarkan wisata wahana Arung jeram saja. Maka, Ancol terkenal dengan sebutan Ancol Arung jeram. Akan tetapi sebagian masyarakat Tebinggtinggi dan Serdangbedagai sering menyebutnya juga, Pantai Ancol atau Batu Nongol yang disingkat (BTN).

Sebutan ini sudah familiar sejak tahun 2000-an, ketika orang-orang sekitar membuka tempat tersebut menjadi objek wisata. Wisata yang ditawarkan ialah susur sungai atau Rafting, sambil menikmati pemandangan alam, serta batu-batuan yang membentuk tebing yang tinggi di sisi kanan kiri sungai.

Tak hanya itu saja, air sungai yang mengalir pun sangat jernih dan dingin. Jadi, para pengunjung juga dapat mandi atau berenang di sungai tersebut. Namun, berenangnya di kawasan yang ditentukan oleh guide-nya.

Selain itu, di kawasan sungai ini juga, pengunjung dapat menikmati suasana pantai. Namun, pantai buatan atau pantai yang dibuat di area sungai. Lalu, terdapat juga pondok-pondo unutk tempat bersantai. Lalu, di kawasan tersebut, pengunjung dapat membuat acara seperti barbeque dan lainnya.

Faslitas penginapan juga ada di kawasan tersebut, jadi para pengunjung tak perlu takut jika ingin bermalam. Untuk menuju ke lokasi destinasi wisata Ancol Arung jeram dari Kota Medan, memakan waktu sekitar 2 jam. Namun, bila dari Kota Pemantangsiantar bisa menghabiskan waktu sekitar 1 jam.

Akan tetapi dari pusat Kota Tebingtinggi, bisa memakan waktu setengah jam atau lebih kurang 20 menit. Selanjutnya, terkait biaya atau kocek yang harus dikeluarkan untuk menikmati rafting di Ancol Arung jeram, tidak terlalu mahal. Kalau, sebagian orang Medan menyebutnya harga anak kuliah.

Kemudian, para wisatawan juga harus menyewa guide untuk menikmati paket dari rafting tersebut. Biasanya, guide yang terkenal untuk menyediakan jasa rafting yaitu Mister Travel Medan (MTM). Kemudian, untuk memesan paketnya biasanya melalui Instagram @Mistertravel.medan atau menghubungi melalui gawai 082165253148. 

Lalu, paket yang ditawarkan pun bervarian, mulai dari paket rafting dengan durasi waktu selama 2 jam, 4 jam dan 8 jam. Untuk biaya paket rafting durasi dua jam dikenai sebesar Rp 370 ribua perpax. Fasilitas yang ditawarkan merupakan akomodasi dari Kota Medan, Snack dan makan setelah arfting. Begitu juga dengan rafting yang durasi 4 jam, untuk ini dibanderol perpax Rp 470 ribuan.

Namun, hanya saja fasilitasnya berbeda, begitu juga dengan tarif rafting durasi 8 jam. Untuk tarif rafting durasi 8 jam, dibanderol perpax Rp 750 ribuan. Di paket rafting durasi 8 jam ini,merupakan paket komplit. Untuk paket yang ini sudah disediakan penginapan, karena dipaket ini susur sungainya lebih jauh.

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved