Rumah Sakit Tembakau Deli

Rumah Sakit (RS) Tembakau Deli yang terletak di Jalan Putri Hijau, Kelurahan Kesawan, Kota Medan di bangun pada tahun 1885.

Rumah Sakit Tembakau Deli
Tribun-medan/ Aqmarul Akhyar
Pintu Masuk Rumah Sakit Tembakau Deli merupakan Rumah Sakit Modern Pertama di Sumatera pada Masa Hindia Belanda di Jalan Putri Hijau, Kelurahan Kesawan, Kota Medan, Kamis (21/11/2019) 

TRIBUNMEDANWIKI.COM - Bangunan Rumah Sakit Tembakau Deli merupakan Rumah Sakit modern pertama di Pulau Sumatera pada zaman Hindia Belanda.

Rumah Sakit (RS) Tembakau Deli yang terletak di Jalan Putri Hijau, Kelurahan Kesawan, Kota Medan di bangun pada tahun 1885.

RS tersebut dibangun sejalan dengan pengembangan Kota Medan sebagai Pusat Industri Perkebunan.

Rumah Sakit tersebut merupakan RS yang melayani buruh-buruh perkebunan dan buruh-buruh dari Eropa pada masa Hindia Belanda.

Kemudian, RS ini diprakarsai oleh Mr. Ingermann yang menjabat sebagai General Manager di Perusahaan Deli Maatschappaij dan Perusahaan ini merupakan Perusahaan Tembakau pertama.

Awalnya Rumah Sakit Tembakau Deli hanya menangani pasien yang berpenyakit ringan.

Pada tahun 1901, kembali dibangun satu gedung besar untuk pasien penderita penyakit parah.

Kemudian pada tahun 1915 Rumah Sakit Deli Maatschappaij ditetapkan sebagai rumah sakit laboratorium penyakit tropis.

Rumah Sakit Tembakau Deli, merupakan Rumah Sakit Modern Pertama di Sumatera pada Masa Hindia Belanda di  Jalan Putri Hijau, Kelurahan Kesawan, Kota Medan, kamis (21/11/2019).
Rumah Sakit Tembakau Deli, merupakan Rumah Sakit Modern Pertama di Sumatera pada Masa Hindia Belanda di Jalan Putri Hijau, Kelurahan Kesawan, Kota Medan, kamis (21/11/2019). (Tribun-medan/ Aqmarul Akhyar)

Pada perkembangannya rumah sakit Deli Maatschappaij berubah nama menjadi Rumah Sakit Tembakau Deli yang berada dibawah naungan PTPN II (Persero).

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Ekarista Rahmawati Putri
Sumber: Tribun Medan
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved