Stadion Kebun Bunga

Nama Stadion Kebun Bunga sudah tak asing lagi terdengar oleh sebagian masyarakat Kota Medan, terutama bagi sporter skuat PSMS Medan. Stadion Kebun

Stadion Kebun Bunga
Tribun-medan/ Aqmarul Akhyar
Stadion Kebun Bunga merupakan Training Center (TC) atau disebut dalam bahasa Indonesianya ialah pusat latihan PSMS Medan, yang terletak di Jalan Candi Borobudur Nomor 2, Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan, Rabu (8/1/2020) 

TRIBUN-MEDAN-WIKI.com – Nama Stadion Kebun Bunga sudah tak asing lagi terdengar oleh sebagian masyarakat Kota Medan, terutama bagi sporter skuat PSMS Medan.

Stadion Kebun Bunga merupakan Training Center (TC) atau disebut dalam bahasa Indonesianya ialah pusat latihan PSMS Medan, yang terletak di Jalan Candi Borobudur Nomor 2, Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan.

Sejarah mulanya, TC PSMS Medan bertempat di Stadion Teladan. Namun, dikarenakan prestasi PSMS Medan pada saat masa itu sangat gemilang, maka TC PSMS Medan pindah ke Stadion Kebun Bunga.

Salah satu mantan striker legend dari skuat PSMS Medan, di era tahun 1967 sampai 1979, Tumsila, menceritakan dahulu awalnya Stadion Kebun Bunga merupakan milik Pemko Medan.

Gereja Katedral

Stadion Kebun Bunga Tempat Pusat latihan PSMS Medan, yang terletak di Jalan Candi Borobudur Nomor 2, Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan, Rabu (8/1/2020)
Stadion Kebun Bunga Tempat Pusat latihan PSMS Medan, yang terletak di Jalan Candi Borobudur Nomor 2, Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan, Rabu (8/1/2020) (Tribun-medan/ Aqmarul Akhyar)

Namun, menjadi tempat TC PSMS Medan, karena kado pemberian Wali Kota Medan, Sjoekarni, dalam pidatonya atas prestasi PSMS Medan pada masa itu.

“Jadi semenjak PSMS Medan berdiri, di tahun 1967 lah PSMS mencetak banyak kejuaraan. Pertama dari kejuaraan junior PSMS meraih piala Suratin Cup, kedua PSMS Medan Senior meraih juara juga pada tahun 1967, kompetisi PSSI yaitu Kompetisi Devisi Utama, dan ini untuk pertama kali PSMS Medan juara semenjak berdirinya PSMS Medan, ” ujarnya.

Tumsila juga menjelaskan bahwasanya tidak berhenti disitu saja PSMS Medan mencetak juara pada tahun1967.

Jadi, karena skuat PSMS Medan juara di kejuaran Persatuan Sepak Bola Seluru Indonesia (PSSI), pada saat itu juga PSMS Medan ditunjuk PSSI mewakili Indonesia untuk bertanding di Kompetisi Aga Khan Gold Cup di Dhaka, Pakistan Timur tahun 1967.

Ternyata, PSMS Medan mencetak juara di Aga Khan Gold Cup di Dhaka, Pakistan Timur tahun 1967 dan mengharumkan nama Indonesia.

Berarti, dalam satu tahun di tahun 1967, PSMS Medan mencetak tiga kejuaran.

Kemudian, yang menghadiahi dua gol di final Kompetisi Aga Khan Gold Cup, adalah striker legen PSMS Medan, Tumsila.

Tumsila  menambahkan bahawasaanya, tidak hanya di tahun 1969 saja PSMS Medan mencetak juara di kompetisi devisi utama PSSI.

Skuat PSMS Medan Lagi Latihan di Stadion Kebun Bunga, Jalan Candi Borobudur Nomor 2, Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan, Rabu (8/1/2020)
Skuat PSMS Medan Lagi Latihan di Stadion Kebun Bunga, Jalan Candi Borobudur Nomor 2, Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan, Rabu (8/1/2020) (Tribun-medan/ Aqmarul Akhyar)

Namun, Pada tahun 1971, PSMS Medan kembali meraih juara lagi di kompetisi devisi utama PSSI. Jadi, dikarenakan PSMS Medan tiga kali berturut – turut menjuarai kompetisi devisi utama PSSI.

Hal ini lah yang membuat Wali Kota Medan, Sjoekarni, bangga dan senang.

Namun, Tumsila sebagai pemain legend di PSMS Medan, tidak mengetahu sampai saat ini surat penyerahan Stadion Kebun Bunga sebagai TC PSMS Medan. Meskipun, saat ini Stadion Kebun Bunga merupakan milik Pemko Medan.

Jembatan Kebajikan Kota Medan

Masjid Lama Gang Bengkok

Selanjutnya, Stadion Kebun Bunga pun dibenahi dan dibangun gedung TC untuk PSMS Medan.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Ekarista Rahmawati Putri
Sumber: Tribun Medan
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved