Kota Tebing Tinggi

Kota Tebing Tinggi atau biasa disebut dengan kota pendidikan dan terkenal juga dengan sebutan kota lemang. Ternyata memiliki sejarah yang pajang

Kota Tebing Tinggi
Tribun-medan/ Aqmarul Akhyar
Tugu Moumen 13 Desember, di Rambung, Kec. Tebing Tinggi Kota, Kota Tebing Tinggi, Kamis, (2/1/2020) 

TRIBUN-MEDAN-WIKI.com - Kota Tebing Tinggi atau biasa disebut dengan kota pendidikan dan terkenal juga dengan sebutan kota lemang.

Ternyata memiliki sejarah yang pajang terkait sejarah terbentuknya menjadi sebuah kota dari masa kerajaan dan kolonial belanda.

Selain memiliki cerita sejarah tentang Kota Tebing Tinggi, kota tersebut juga memiliki makanan khasnya seperti Lemang, roti kacang dan manisan Halua (manisan pepaya).

Namun, kali ini tidak membahas makanan aatau kuliner kota tersebut, melainkan sejarah Kota Tebing Tinggi.

Dalam catatan sejarahnya, Kota Tebing Tinggi yang merupakan daratan terhampar di sepanjang pinggiran sungai Padang dan sungai Bahilang, mulai dihuni sebagai tempat tinggal pada tahun 1864.

Hal ini merupakan pernyataan resmi pertama kali yang dibuat oleh sejumlah tokoh masyarakat Kota Tebing Tinggi pada tahun 1987.

Taman Alam Lumbini Berastagi

Pernyataan ini terdapat dalam makalah berjudul “Kertas Kerja Mengenai Pokok-Pokok Pikiran Sekitar Hari Penetapan Berdirinya Kotamadya Daerah Tingkat II Tebing Tinggi.”

Makalah ini kemudian dijadikan sebagai Perda yang menetapkan bahwa awal berdirinya Kota Tebing Tinggi adalah 1 Juli 1917.

Selanjutnya di dalam makalah tersebut dipaparkan pula bagaimana perkembangan daerah ini pasca tahun 1864. Dimana berdasarkan penuturan lisan yang sambung menyambung, atau sering disebut dengan sastra lisan.

Bahwa seorang bangsawan dari Wilayah Bandar Simalungun ( sekarang masuk wilayah Pagurawan ) bernama Datuk Bandar Kajum bersama pengikut setianya menyusuri sungai Padang untuk mencari hunian baru.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Ekarista Rahmawati Putri
Sumber: Tribun Medan
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved