Jembatan Kebajikan Kota Medan

Jembatan Kebajikan diserahkan oleh putra-putranya, Tjong Hyong Hian, yaitu Tjong How Lung, Tjong Hian Lang, dan Tjong Seng Lung, kepada pemerintahan

Jembatan Kebajikan Kota Medan - jembatan-kabajikan-1.jpg
Tribun-medan/ Aqmarul Akhyar
Tampak dari posisi Timur, aktivitas di Jembatan Kabajikan, yang merupakan jembatan untuk mengenang Tjong Hyong Hian (Saudagar dan Tokoh Etnis Tionghoa Medan) di Jalan H. Zainul Arifin, Kota Medan, Selasa (7/1/2020).

Laporan Reporter Tribun Medan/Aqmarul Akhyar

TRIBUN-MEDAN-WIKI.com - Kota Medan memiliki land mark bersejarah atau gedung-gedung dan bangunan bersejarah. Begitu pun sejarah yang terdapat pada suatu bangunan tak terlepas oleh pendirinya dan yang memprakasai.

Salah satunya bangunan Jembatan Kebajikan yang terletak di Jalan H. Zainul Arifin, Kota Medan, Selasa (7/1/2020).

Jembatan Kebajikan diserahkan oleh putra-putranya, Tjong Hyong Hian, yaitu Tjong How Lung, Tjong Hian Lang, dan Tjong Seng Lung, kepada pemerintahan Kota Medan.

Pamplet Jembatan Kabajikan, yang menceritakan sekilas sejsrah jembatan tersebut, di Jalan H. Zainul Arifin, Kota Medan, Selasa (7/1/2020)
Pamplet Jembatan Kabajikan, yang menceritakan sekilas sejsrah jembatan tersebut, di Jalan H. Zainul Arifin, Kota Medan, Selasa (7/1/2020) (Tribun-medan/ Aqmarul Akhyar)

Penyerahaan ini, semata untuk mengenang Tjong Hyong Hian.

Dalam catatan sejarah, Jembatan ini dibangun pada tahun 1916, untuk menghubungkan Jalan Zainul Arifin (Caculta Straat) dan Jalan Gajah Mada (Coen Straat) di Medan.

Nama yang diberikan adalah Jembatan Chen Tek, tetapi masyrakat setempat menyebutnya Jembatan Berlian.

Hal ini karena faktor dari ornamen-ornamen emasnya berkilauan di malam hari. Jembatan ini masih asli sebagaimana kondisinya pada tahun 1916, sekalipun dilakukan pelebaran jalan pada tahun 1993.

Soto Kering Khas Deli Tua Kabupaten Deli Serdang

Namun, dari pantauan TribunMedanWiki, kondisi jembatan tersebut saat ini kurang terawat.

Sebab, terlihatnya coretan-coretan di batu prasasti yang ada di Jembatan tersebut.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Ekarista Rahmawati Putri
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved