Gereja Katedral

Berdasarkan catatan sejarah dari sekertariat paroki Gereja Katedral, pada awal berdirinya tahun 1879, Gereja Katedral Medan adalah sebuah gubuk

Gereja Katedral
Tribun-medan/ Aqmarul Akhyar
Gereja Katedral, merupakan Gereja Katolik Pertama di Jalan Pemuda No 1 (dulu disebut dan dikenal sebagai Jl Istana), Kota Medan, Selasa (7/1/2020) 

TRIBUN-MEDAN-WIKI.com - Kota Medan memiliki banyak gedung bersejarah baik dari gedung pemerintahan maupun gedung ibadah.

Salah satunya gedung Gereja Katedral yang konon kabarnya merupakan gereja Katolik pertama di Kota Medan.

Berdasarkan catatan sejarah dari sekertariat paroki Gereja Katedral, pada awal berdirinya tahun 1879, Gereja Katedral Medan adalah sebuah gubuk beratap daun rumbia dan ijuk tempat beribadat puluhan umat Katolik (yang mayoritas suku India-Tamil dan Belanda) di Jalan Pemuda No 1 (dulu disebut dan dikenal sebagai Jl Istana), Kota Medan.

Melihat perkembangan jumlah umat pada tahun 1884 sudah berjumlah 193 orang, maka sejak tahun itu sudah dipikirkan bagaimana memperbaiki dan memperbesar gubuk beratap daun rumbia dan ijuk tersebut.

Duplikat La Pieta di Gereja Katedral, di Jalan Pemuda No 1 (dulu disebut dan dikenal sebagai Jl Istana), Kota Medan, Selasa (7/1/2020)
Duplikat La Pieta di Gereja Katedral, di Jalan Pemuda No 1 (dulu disebut dan dikenal sebagai Jl Istana), Kota Medan, Selasa (7/1/2020) (Tribun-medan/ Aqmarul Akhyar)

Barulah pada tahun 1905, ketika umat Katolik sudah berjumlah 1200 orang, pembangunan Gereja mulai dilaksanakan.

Pembangunan gereja pada tahun 1905 tersebut diprakarsai dan dilaksanakan oleh para Pastor Ordo Jesuit yang bekerja di Medan.

Gereja Katedral ini pada waktu itu dibangun dengan dinding batu, beratap seng dan sebagian masih beratap daun rumbia dan ijuk serta diresmikan pada bulan Nopember tahun itu juga.

Mulai 30 Januari 1928, Gereja diperluas dengan menambah bagian panti imam, ruang pengakuan dosa serta pelataran depan dan menara.

Jembatan Kebajikan Kota Medan

Perluasan dan pembangunan permanen pada tahun 1928 tersebut dirancang oleh arsitek Belanda yang bernama Mr. Han Groenewegen dan dilaksanakan oleh Mr. Langereis.

Hasil dari rancangan arsitek dan pelaksanakan tersebut yang dapat dilihat saat ini, yang menjadikan Gereja Katedral di Jalan Pemuda No 1 Medan (dikenal dengan sebutan Gereja Katedral) sebagai salah satu bangunan tua bersejarah dan bernilai arsitek yang tinggi di kota Medan ini.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Ekarista Rahmawati Putri
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved