Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jepang di Deli Tua, Jejak Negeri Samurai di Deliserdang

Jejak peninggalan Negeri Samurai di Kota Medan di antaranya Kuburan atau Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jepang Deli Tua

Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Ekarista Rahmawati Putri
Tribun-medan/Aqmarul Akhyar
Tempat Pemakaman Umun orang Jepang yang merupakan satu di antara tanda jejak Ngeri Samurai di Sumatera Utara, yang terletak di Deli Tua Barat, Kecamatan Deli Tua, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis 12 Desember 2019. 

Laporan Reporter Tribun Medan/Aqmarul Akhyar

TRIBUNMEDANWIKI.COM - Di dalam catatan sejarah Indonesia, Negeri Jepang atau terkenal dengan sebutan Negeri Samurai pernah menjajah Indonesia.

Hal ini juga terbukti dari jejak peninggalan Negeri Samurai di Kota Medan, 

Konon satu di antara jejak tersebut merupakan Kuburan atau Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jepang Deli Tua yang diperuntukkan untuk umat Budha, Hindu, dan jenazah tanpa identitas atau Mr X.

Makam ini terletak di Deli Tua Barat, Kecamatan Deli Tua, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Berdasarkan keterangan warga setempat Ibu Hariati, pemakaman tersebut memang benar ini merupakan TPU Jepang.

Warga setempat, Juliandi juga menyatakan bahwa menurut cerita yang didapatnya secara lisan memang TPU tersebut merupakan TPU orang Jepang.

Namun, dengan melihat makam saja, tidak cukup untuk melihat bagaimana pasukan negeri Samurai tersebut berjejak di tanah Sumatera Utara.

Adapun data terkait jejak negeri Samurai yang ada di tanah Sumatera Utara, dapat dilihat dari tugu Appolo Medan Area yang terletak di Pajak Sambu.

Batu Prasasti penanda Tempat Pemakaman Umum Jepang dengan bahasa Indonesia, di Deli Tua Barat, Kecamatan Deli Tua, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis 12 Desember 2019
Batu Prasasti penanda Tempat Pemakaman Umum Jepang dengan bahasa Indonesia, di Deli Tua Barat, Kecamatan Deli Tua, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis 12 Desember 2019 (Tribun-medan/ Aqmarul Akhyar)

Pasukan Jepang yang masuk ke Sumatera Utara terkenal dengan julukan Harimau Malaya (Malay To Tora).

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved