Kawasan Little India Medan

Gapura Little India di Jalan KH Zainul Arifin, merupakan menandakan kawasan tempat bermukim masyarakat suku india yang ada di Kota Medan.

Kawasan Little India Medan
Tribun-medan/ Aqmarul Akhyar
Gapura Kawasan Little India di Kota Medan yang terletak di Jalan KH Zainul Arifin, Provinsi Sumatera Utara, Minggu (1/12/2019) 

Laporan Reporter Medan/Aqmarul Akhyar

TRIBUNMEDANWIKI.COM - Gapura Little India di Jalan KH Zainul Arifin menandakan kawasan bermukimnya masyarakat suku India yang ada di Kota Medan dan sebagai kawasan wisata budaya.

Hal ini terjadi, pada saat itu masyarakat India masuk ke Kota Medan melalui sistem perdagangan.

Mereka masuk dari pelayaran laut Aceh masuk ke Kuala, kemudian masuk ke daerah Kota Binjai, lalu ke Kota Medan melalui sistem perdagangan.

Selanjutnya, di Kota Medan terjadi pernikahan campur antar suku India dengan suku lain yang ada Medan.

Sampai saat ini masyarakat India di Medan merupakan keturunan atau generasi keempat.

Masyarakat India di Medan sudah ada sejak tahun 1884, yang ditandai berdirinya kuil tertua di Medan yaitu Kuil Shri Mariaman.

Kuil Shri Mariamman merupakan kuil tertua di Sumut yang terletak di Kawasan Litte India, Kota Medan, Minggu (1/12/2019)
Kuil Shri Mariamman merupakan kuil tertua di Sumut yang terletak di Kawasan Litte India, Kota Medan, Minggu (1/12/2019) (Tribun-medan/ Aqmarul Akhyar)

Kemudian semakin berkembangnya masyarakat bersuku India di Medan, terjadinya permukiman di daerah-daerah tersebut ada tiga rumah ibadah yang besar.

Kuil-kuil besar di daerah-daerah tersebut di antaranya Kuil Shri Mariaman, Kuil Shri Kaliamman serta Shri Tenda Yudha Bani Kuil.

Namun masyarakat India bukan hanya beragama Hindu saja, melainkan, ada yang beragama Muslim, yang rumah ibadahnya seperti Masjid Jami’ Medan.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Ekarista Rahmawati Putri
Sumber: Tribun Medan
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved