Tribun Medan Wiki

Fakultas Ilmu Sosial UNIMED

Perkembangan Fakultas Ilmu Sosial Unimed tidak terlepas dari perkembangan IKIP Medan yang pada mulanya adalah salah satu fakultas di USU

Fakultas Ilmu Sosial UNIMED
tribun-medan/HO/HUMASUNIMED
Fakultas Ilmu Sosial Unimed, Jalan. Willem Iskandar Psr. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis 05/11/2019 

Laporan Reporter Tribun Medan/Aqmarul Akhyar

TRIBUN-MEDAN-WIKI.com, - Sejarah perkembangan Fakultas Ilmu Sosial Unimed tidak terlepas dari perkembangan IKIP Medan yang pada mulanya adalah salah satu fakultas di Universitas Sumatera Utara (USU).

Sejak diresmikan sebagai perguruan tinggi negeri Yayasan Universitas Sumatera Utara yang diresmikan tanggal 4 Juli 1952, mereka mendirikan perguruan tinggi swasta dengan membuka Fakultas Kedokteran.

Satu setengah tahun kemudian, 12 Januari 1954 didirikan Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat.

Pada tanggal 1 September 1955 diserahkan kepada Pemerintah Cq Kementerian Pendidikan dan Pengajaran Republik Indonesia untuk dijadikan Universitas Negeri, Yayasan Universitas Sumatera Utara segera mempersiapkan pembukaan dua fakultas lagi yaitu Fakultas Pendidikan Guru dan Fakultas Pertanian.

Persiapan Pendirian Fakultas Pendidikan Guru ditugaskan kepada Panitia Pendirian Fakultas Pendidikan Guru (PTPG) yang diketuai oleh Prof. Mr.Ny. Ani Abbas Manoppo, pada saat itu sebagai Ketua Dewan Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat.

Sekretaris G. Sianifar Kepala Inspeksi Pendidikan Masyarakat Sumatera Utara dan anggota-anggotanya terdiri dari: Daniel Marpaung (Koordinator PPK Sumatera Utara) dan R.M. Simanjuntak (Direktur SMA negeri Medan).

Pada tanggal 19 Agustus 1957 berkat usaha panitia yang bekerjasama dengan berbagai pihak, terutama dengan tokoh-tokoh pendidikan dan pejabat-pejabat pemerintah, Fakultas Pendidikan Guru oleh Yayasan Universitas Sumatera Utara diserahkan kepada pemerintah.

Terhitung 1 September 1957 Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) diresmikan menjadi Perguruan Tinggi Negeri berdasarkan Surat Keputusan Menteri PPK RI No. 85254 Tanggal 22 Agustus 1957.

Dalam waktu yang tidak terlalu lama, berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 48/1957 Tanggal 30 Oktober 1957 Lembaran Negara No. 105/1957 Universitas Sumatera Utara resmi berdiri menjadi Universitas Negeri (disingkat (USU).

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Ekarista Rahmawati Putri
Sumber: Tribun Medan
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved