Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan (Unimed)

Sejak berdirinya tahun 2005 sampai dengan tahun 2015 FE Unimed telah meluluskan Sarjana Pendidikan Ekonomi sebanyak 4.068 orang dan Sarjana Ekonomi

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan (Unimed)
tribun-medan/HO/HUMASUNIMED
Fakultas Ekonomi Unimed yang terletak di Jl. Willem Iskandar Psr. V, Kota Medan Estate, Sumatera Utara, Kamis (5/12/2019) 

Laporan Reporter Tribun Medan/Aqmarul Akhyar

TRIBUNMEDANWIKI.com - Akibat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat serta cepatnya arus informasi di era globalisasi saat ini, dunia pendidikan diwarnai oleh persaingan yang semakin ketat.

Terjadinya krisis multidimensi masih sangat dirasakan dampaknya.

Semuanya itu bermuara kepada sumber daya manusia yang belum siap menerima keadaan demikian.

Salah satu program yang dapat digunakan untuk menyiapkan serta menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, mampu mengembangkan diri serta memiliki kepribadian secara komprehensif di masa krisis serta di masa-masa yang akan datang adalah program pendidikan sebab pendidikan pada hakekatnya merupakan upaya untuk menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara seiring dengan perkembangan sosial dan budaya serta  teknologi yang senantiasa berubah.

Latar Belakang Berdirinya Fakultas Ekonomi Unimed

Belajar dari pengalaman pahit tersebut dan sebagai upaya untuk menyiapkan serta menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, yang mampu mengembangkan diri serta memiliki kepribadian secara komprehensif Tim Pengembang Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas IImu Sosial UNIMED menggunakan kesempatan untuk mengelola program studi non kependidikan.

Pembukaan program studi non kependidikan ini sebenarnya juga sebagai respon terhadap tuntutan dan perkembangan zaman dan juga tanggapan terhadap Surat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 2883/D/1995 tanggal 1 Nopember tentang Konversi IKIP menjadi Universitas, selanjutnya Surat Dirjen Dikti No. 1499/D/T/1997 tanggal 29 Mei 1997 mengenai perluasan mandat bagi FPIPS IKIP Medan untuk membuka Program Studi Non Kependidikan.

Berdasarkan hal tersebut di atas, sejak tahun 1998 Tim Pengembang Jurusan Pendidikan Ekonomi FIS UNIMED telah mengusulkan pembukaan program non kependidikan untuk Program Studi Manajemen, Program Studi Akuntansi dan Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Jenjang S-l kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Saat ini upaya tersebut telah membuahkan hasil walaupun belum semuanya, melalui Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas RI No. 352/DIKTl/Kep/2000 Tanggal 25 September 2000 tentang Pembentukan Program Studi S-l Manajemen di Universitas Negeri Medan dan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas RI No. 2310/D/T/2001 Tanggal 4 Juli 2001 tentang Ijin Penyelenggaraan Program Studi Akuntansi S-l pada Universitas Negeri Medan (UNIMED).

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Ekarista Rahmawati Putri
Sumber: Tribun Medan
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved