Fakultas Bahasa dan Seni UNIMED

Sejarah Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Unimed dimulai sejak tahun 1957, dengan lahirnya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Fakultas Bahasa dan Seni UNIMED
tribun-medan/HO/HUMASUNIMED
Fakultas Bahasa dan Seni Unimed, di Jl. Willem Iskandar Psr. V Medan Estate, Kabupaten Deli Serdang, Rabu (4/12/2019) 

Laporan Reporter Tribun Medan/Aqmarul Akhyar

TRIBUNMEDANWIKI.com - Sejarah Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Unimed dimulai sejak tahun 1957, dengan lahirnya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sumatera Utara (USU), berdasarkan Surat Keputusan Menteri PDK RI Nomor 85254 tanggal 22 Agustus 1957.

Karena kebutuhan guru di Sumatera Utara saat itu cukup besar, maka pada tahun 1961 FKIP USU diberi wewenang oleh kementerian PDK untuk mendidik mahasiswa pada kursus B-1.

Kemudian pada tanggal 23 Juni 1963 FKIP USU diubah menjadi IKIP Jakarta Cabang Medan, yang mencakup empat fakultas, salah satunya adalah Fakultas Keguruan Sastra dan Seni (FKSS).

Fakultas ini mengasuh dua jurusan, yaitu Jurusan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Kemudian pada tahun 1965 IKIP Jakarta Cabang Medan berubah menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Medan.

Lokasi kampus IKIP Medan dipindahkan dari Jalan Imam Bonjol ke Jl Merbau No 38A Medan yang merupakan bekas sekolah Hoa Chiao Middle School.

Selanjutnya, pada tahun 1983 Fakultas Keguruan Sastra dan Seni (FKSS) berubah nama menjadi Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS) IKIP Medan yang mengasuh Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Inggris, Seni Rupa, Bahasa Jerman, Bahasa Prancis, Seni Musik, dan Seni Tari.

Pada tahun 1995 lokasi kampus IKIP Medan, termasuk FPBS, dipindahkan dari kampus lama (Jl. Merbau) ke kampus baru di Jl. Willem Iskandar Psr. V Medan Estate sampai sekarang.

Sejak tahun akademik 1998/1999, dengan keluarnya surat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 910/D/T/1998 tanggal 15 April 1998, beberapa Fakultas di IKIP Medan (termasuk FPBS) diberi mandat oleh pemerintah untuk membuka Program Studi Non kependidikan.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Ekarista Rahmawati Putri
Sumber: Tribun Medan
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved