Masjid Sulaimaniyah, Serdang Bedagai, Sumatera Utara

Masjid Sulaimaniyah merupakan bukti peninggalan Kesultanan Serdang dalam menyiarkan Agama Islam di Sumatera Timur. Kesultanan Serdang merupakan satu

Masjid Sulaimaniyah, Serdang Bedagai, Sumatera Utara
Tribun-medan/ Aqmarul Akhyar
Masjid Peninggalan Sultan Serdang yaitu Masjid Sulaimaniyah di Simpang Tiga Pekan, Kec Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Rabu (20/11/2019). 

Laporan Reporter Tribun Medan/Aqmarul Akhyar

TRIBUNMEDANWIKI.com - Perkembangan Agama Islam di Sumatera Timur sangat pesat, baik dari zaman kerajaan sampai masa pemerintahan Indonesia sekarang ini.

Salah satunya Kerajaan Kesultanan Serdang, yang ikut serta menyiarkan agama Islam di Sumatera Timur, dan sekarang dikenal dengan sebutan Provinsi Sumatera Utara,

Masjid Sulaimaniyah ini terletak di Simpang Tiga Pekan, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

Masjid tersebut merupakan bukti peninggalan Kesultanan Serdang dalam menyiarkan Agama Islam di Sumatera Timur.

Kesultanan Serdang merupakan satu di antara kerajaan terbesar di Sumatera Timur, yang didirikan oleh Tuanku Umar Baginda Junjungan pada tahun 1723.

Teras dan Bentuk Pintu  Masjid Sulaimaniyah yang merupakan Masjid Peninggalan Kesultanan Serdang di Simpang Tiga Pekan, Kec Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Rabu (20/11/2019)
Teras dan Bentuk Pintu Masjid Sulaimaniyah yang merupakan Masjid Peninggalan Kesultanan Serdang di Simpang Tiga Pekan, Kec Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Rabu (20/11/2019) (Tribun-medan/ Aqmarul Akhyar)

Awalnya Kesultanan Serdang merupakan bagian dari Kesultanan Deli.

Namun, kerajaan ini berkisah karena perselisihan terjadi antar dua putra Kesultanan yakni Tuanku Pasultan dan Tuanku Umar.

Sehingga Tuanku Umar memutuskan diri untuk memisakan diri dari Kesultanan Deli dan membangun Kesultanan Serdang yang berpusat di Perbaungan Kabupaten Serdangbedagai.

Meski, status Kesultanan Serdang adalah pecahan dari Kesultanan Deli.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Ekarista Rahmawati Putri
Sumber: Tribun Medan
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved